daftar isi

Rabu, 01 Juni 2011

Jamur yang Dapat Menyuburkan tanaman yang Telah Ditemukan



 
Jamur yang Dapat Menyuburkan tanaman yang Telah Ditemukan - Cara yang umum dilakukan petani untuk menyuburkan tanaman adalah dengan memberi pupuk. Namun sekarang telah ditemukan jamur yang dapat menyuburkan tanaman.

Menurut penelitian yang dipresentasikan di General Meeting of the American Society for Microbiology ke-111 di New Orleans, 23 Mei lalu, jamur itu bernama jamur mycorrhizal. Kerja jamur ini lebih efektif ketimbang pupuk.

Di tengah pesatnya perkembangan jumlah penduduk, manusia harus menemukan cara-cara untuk membuat produk pangan berkembang pesat pula. Ian Sanders, peneliti Universitas Lusanne, Switzerland, yakin bahwa jamur ini akan menciptakan revolusi dunia pertanian.

Ini karena jamur mycorrhizal dapat bersimbiosis dengan akar tanaman, sehingga ia dapat berperan sebagai penyedia nutrisi fosfat. Fosfat adalah komponen terpenting untuk menyuburkan tanaman. Jamur ini dapat menyerap banyak fosfat sebagai cadangan makanan bagi tanaman.

"Kandungan fosfat yang minim biasanya diatasi dengan memberi pupuk fosfat. Padahal harga pupuk fosfat terus meningkat karena tingginya permintaan," ungkap Sanders.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar