daftar isi

Jumat, 03 Juni 2011

Koln, Kota Tua di Tepian Sungai Cinta




 
Koln, Kota Tua di Tepian Sungai Cinta 
Foto : Ms. Irene Pratami Angriawan



(Vibizmanagement – Inspiration)  Apa yang  terbersit saat kita melihat bangunan megah ini? Mengagumkan…Ini adalah salah satu bangunan utama bersejarah di Koln. Bangunan tua dengan arsitektur gothic ini adalah Cologne Cathedral Church yang dibangun pada tahun 1248 dan selesai pada tahun 1880. Menara gerejanya memiliki ketinggian sampai 157 meter. Dengan luas mencapai 144,5 meter dan luas 86,5 meter, gereja ini dinobatkan sebagai salah satu gereja Katedral terbesar di dunia dan merupakan gereja gothic terbesar di Eropa Utara.

Semua yang ada pada gereja ini sangatlah memukau. Sebagai bukti dari jerat pesonanya, diperkirakan ada 20.000 orang berkunjung setiap harinya… Untuk semua ketersohorannya ini, maka  UNESCO menjadikannya sebagai situs budaya warisan dunia dengan status sebagai "exceptional work of human creative genius".  Gelar lainnya adalah juga sebagai salah satu monumen dangan arsitektur terbaik di seluruh Jerman…



Foto : Ms. Irene Pratami Angriawan



Selain Katedral ini maka Koln pun memiliki banyak tempat-tempat bersejarah lainnya seperti Roman-Germanic Museum, Renaissance Cologne Hotel  dan Window of the World Shenzhen Cina yang menyimpan sekitar 130 replika dan miniatur dari keajaiban dan tempat-tempat terkenal di dunia.  Dan tidak ketinggalan adalah city shopping, Schildergasse, tempat berbelanja yang menjual berbagai macam barang branded… Disini kita bisa sepuasnya menikmati wisata belanja.



Foto : Ms. Irene Pratami Angriawan



Koln memang menyimpan banyak harta karun. Keindahan kota tuanya merupakan investasi tiada duanya bagi geliat dunia pariwisatanya. Kota yang hanya berjarak 3 jam dari Amsterdam ini terletak tepi sungai Rhine, sekitar 90 kilometer barat laut kota Frankurt.

Pembangunan infrastruktur di Koln sangat baik adanya. Dibangun untuk menunjang segala kegiatan perekonomian, wisata ataupun kehidupan masyarakatnya. Salah satunya adalah pembangunan jembatan indah ini. Saat malam tiba, maka jembatan bernama Hohenzollern Cologne Bridge ini akan begitu bersinar, penuh dengan gemerlap lampu. Panjangnya mencapai 1,4 kilometer. Jembatan Hohenzollern melintas di atas Rhein pada kilometer 688,5. Peruntukkan jembatan ini pada awalnya dipergunakan untuk rel kereta api dan jalan raya, namun setelah tahun 1945, jembatan ini hanya dipergunakan bagi kereta api dan tersedia pula trotoar bagi pejalan kaki.



Foto : Ms. Irene Pratami Angriawan



Hohenzollern adalah jembatan tersibuk di Jerman, menghubungkan Köln Hauptbahnhof dan Stasiun Köln Messe. Desainnya bertemakan Jembatan pelengkung terikat. Dibangun pada tahun 1946 dengan bahan dermaga beton dengan superstruktur baja. Pembangunan mega proyek inipun akhirnya rampung pada tahun 1948. Transportasi penunjang lainnya adalah kapal-kapal yang dapat membawa kita melintasi sungai Rhein. Dari kapal-kapal ini kita dapat menikmati eloknya sungai Rhein. Pada malam hari, perjalanan dengan kapal-kapal ini akan terasa lebih romantis dikarenakan cahaya-cahaya lampu jembatan yang memantul di air sungai Rhein, yang dikenal juga dengan julukan sungai cinta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar